Cara Mengatasi CMS Sekolahku Lupa Password

        CMS sekolahku adalah salah satu CMS yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website sekolah secara Gratis dan Premium. Sebagaimana dilansir dari web resminya, CMS Sekolahku merupakan Content Management System dan PPDB Online GRATIS yang dibuat untuk semua jenjang sekolah mulai dari tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat, dan Perguruan Tinggi.

       Pengembangan CMS ini dimulai tahun 2012 yang awalnya merupakan project premium untuk salah satu sekolah di Kabupaten Kuningan, dan pada tahun 2013 mulai dibagikan secara gratis. Sedangkan untuk versi 2.x dimulai tahun 2016 dan masih aktif dimaintenance sampai sekarang.Saat ini (Februari 2020) CMS Sekolahku telah mencapai Versi 2.4.6

-------------------------------------
   Download CMS Sekolahku
-------------------------------------

       Sesuai dengan judul artikel ini "Cara Mengatasi CMS Sekolahku Lupa Password",maka ada beberapa point yang akan saya jelaskan.

1. Password Default CMS Sekolahku ketika pertama kali diinstall adalah :
     username :  administrator
     password  : administrator

 
    maka pada kasus ini, kita akan kembali mereset username dan password seperti diatas.


2. Kasus lupa password halaman admin biasanya terjadi pada administrator web yang jarang login ke halaman admin, atau administrator yang terlalu banyak mengelola web dengan password berbeda. Banyak hal yang menyebabkan administrator lupa password :D


3. Untuk mengatasi masalah lupa password cms sekolahku carannya mudah;
Cukup buka Database CMS Sekolahku melalui PhpmyAdmin pada cpanel hosting anda,
Pilih tabel users
segera ganti nilai hash yang ada pada field user_password menjadi :

$2y$10$Hl/1NdST2su5X.I3EoBklu7/ptF67YMoRUB1Gze.kv7dHABzCLQD.

(pastikan copy semua karakter diatas beserta dengan tanda titik)


Isi Tabel Users
4. Ganti nilai hash tabel user_password menjadi seperti diatas. Simpan perubahan dan anda sudah bisa login kembali ke web sekolah anda dengan menggunakan username dan password default seperti point 1.

5. Login dan segera ganti password cms sekolahku demi alasan keamanan. Ganti dengan  password yang kuat,kombinasi angka dan huruf, dan mudah diingat.

Demikianlah salah satu tutorial cara mengatasi cms sekolahku lupa password.