Membedakan PCI dengan PCI-Ekspres (PCI-e)

Beda Slot PCi dengan Slot PCi-ekspress




Bagi kawan-kawan yang sering bongkar pasang komputer pasti mengenal slot PCI dan dan PCI-E (PCI-Express). saya akan bahas sedikit mengenai kedua slot ini. 
 
PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect. PCI : Slot PCI merupakan slot multi fungsi karena sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan Slot PCI, mulai dari VGA Card [model lama], Wireless card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card. Sementara PCi-express adalah pengembangan berikutnya.

PCi memiliki bandwidth yang tersedia total hanya 133 MB /ps dibagi antara slot yang berarti bahwa perangkat dapat menangani tingginya permintaan sumber daya meskipun cepat jenuh. Untuk mengatasi kelemahan PCi maka dikembangkanlah AGP dengan bandwith khusus (1997). maka tidak jarang kita melihat Slot AGP berdampingan dengan Slot PCi pada motherboard versi lama. Slot AGP banyak digunakan sebagai tempat VGA Card (sekarang masih ada yang menggunakan).

Namun, dengan munculnya SATA, RAID, Gigabyte Ethernet dan permintaan tinggi perangkat lain, sebuah arsitektur baru ternyata diperlukan. maka muncullah  PCI Express, atau PCIe
PCI Express (PCI-E/PCIex) di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

Peluncuran awal PCI-Express menyediakan tiga selera konsumen: x1, x2, dan x16. Jumlah tersebut merupakan jumlah jalur: x1 memiliki 1 lajur; x2 memiliki 2 jalur, dan seterusnya. Setiap jalur bi-directional dan terdiri dari 4 pin. Jalur memiliki tingkat pengiriman transfer 250 MBps di setiap arah untuk total 500 MBps, per lajur.
PCIe
Lanes
Pins
MB/ps
Purpose
x1
1
4
500 MBps
Device
x2
2
8
1000 MBps = 1 GBps
Device
x16
16
64
8000 MBps = 8 GBps
Graphics Card

Jalur 16 (x16) slot menggantikan AGP untuk kartu grafis PCIe,
Sedangkan slot x1 dan x2 akan digunakan untuk perangkat atau device. 
Dengan bahasa yang lebih simple, slot PCI Express x16 merupakan slot VGA Card (model baru)  yang digunakan untuk menggantikan Slot AGP. Sedangkan untuk slot x1 dan x2 biasanya digunakan untuk perangkat lainnya seperti sound card dan Tv Turner.



Beda Slot PCi dengan Slot PCi-ekspress