Cara Menambah RAM Laptop Asus x441sa




       Asustek Computer Inc. ditulis dengan gaya huruf kapital ASUS, adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti Motherboard, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya.

      Pesaing utamanya termasuk MSI, dan Gigabyte. Pada tahun 2014 Asus menggandeng PT Dragon Computer & communication untuk menjadi distributor utama notebook dan tablet di Indonesia dan berhasil menjadi merek nomor satu hingga saat ini (menurut data IDC dan GFK).  Demikian sebagaimana dilansir oleh wikipedia.

       Asus dikenal sebagai salah satu produsen notebook / laptop murah berkualitas di Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara menambah atau upgrade ram laptop Asus x441sa.
Berikut spesifikasi dan harga umum laptop Asus X441SA

    Size: 14 inch, OS : DOS
    RAM : 2 GB onboard / HDD :500 GB
    Intel Dual Core N3060 ( 1.6 - 2.48 GHz, 2 MB cache, 2 cores)
    Graphics Card : Intel HD Graphics 400 (Integrated)
    harga baru : RP 3.299.000

      Spesifikasi diatas menjelaskan bahwa laptop Asus x441sa dibekali dengan RAM 2 Gb onboard, hal ini menjelaskan bahwa laptop Asus x441sa memiliki RAM yang tidak bisa dibongkar pasang dengan mudah. RAM bertipe onboard biasanya tertanam ke Motherboard sehingga tidak bisa dilepas.
Sehingga penambahan RAM pada laptop Asus x441sa tidak bisa dilakukan.

       Memang diakui bahwa kekurangan pada Laptop dengan tipe RAM onboard adalah tidak bisa dilakukan pergantian maupun penambahan RAM . Namun laptop dengan tipe ini memiliki design yang lebih tipis sehingga lebih mudah untuk dibawa.