Mengenal Teknologi Jaringan 4G

 4G adalah singkatan dari Fourth-Generation technology. Istilah ini digunakan  untuk standar generasi keempat jaringan nirkabel untuk komunikasi mobile. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya smartphone dan laptop menggunakan modem USB.

Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).

Di Indonesia, WiMAX pertama kali diluncurkan oleh PT. FirstMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX sejak Juni 2010. Kemudian teknologi LTE pertama kali diluncurkan oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE sejak 14 November 2013.

   Teknologin Jaringan  4G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal 100 megabit per detik saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi (seperti ketika sedang berada di dalam mobil atau kereta api), serta sebesar satu gigabit per detik dalam posisi diam. Ponsel dan perangkat mobile pada jaringan 4G juga menggunakan teknologi Internet Protocol (IP) untuk memungkinkan transfer data melalui paket, alih-alih menggunakan metode telepon tradisional. Jaringan 4G secara spesifik memang diarahkan untuk menyediakan layanan berkualitas dan kecepatan transfer data yang tinggi dengan kualitas penerimaan data yang lebih baik dan transfer data yang lebih stabil.